26 Maret 2014

Tips Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Balita

Tips Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Balita - Sejak gigi susu mulai tumbuh, orangtua harus bertanggungjawab untuk menjaga kesehatan gigi dan membersihkan gigi bayi mereka. Walaupun gigi anak hanya merupakan gigi susu yang keberadaannya hanya sementara, namun kesehatan gigi susu berpengaruh terhadap kesehatan gigi anak di kemudian hari. Karena itu, sebagai orangtua perlu mengetahui bagaimana merawat gigi anak sejak bayi dengan cara yang benar, agar kesehatan mulut dan gigi anak teratasi.
Tips Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Balita

Kesehatan Gigi Dan Mulut!

Cara merawat kesehatan gigi bayi pada saat usia 0 – 6 bulan, yang pertama adalah membersihkan gusi bayi dengan kain lembab setidaknya dua kali sehari. Jika bayi Bunda minum susu menggunakan botol susu, jangan biarkan bayi Bunda tidur sambil minum susu dengan menggunakan botol susunya dan jangan menambah rasa manis pada botol susu dengan madu atau sesuatu yang manis. Bunda harus selalu ingat membersihkan mulut bayi dengan kain lembab setelah Bunda menyusuinya.

Kesehatan Gigi Anak Balita Usia 7-12 Bulan

Ketika bayi Bunda usia 7-12 bulan, ada beberapa hal yang harus Bunda ingat untuk menjaga kesehatan gigi anak Bunda. Hal pertama yang Bunda harus lakukan untuk menjaga kesehatan gigi bayi adalah selalu tanyakan kepada dokter anak atau dokter gigi Bunda apakah bayi Bunda mendapat cukup fluor. Saat gigi mulai tumbuh, mulailah membersihkannya dengan menggunakan kain lembab. Bersihkan setiap permukaan gigi dan batas antara gigi dengan gusi secara seksama, karena makanan seringkali tertinggal di permukaan itu. Saat gigi geraham bayi mulai tumbuh, mulai gunakan sikat gigi yang kecil dengan permukaan lembut dan dari bahan nilon. Jangan gunakan pasta gigi dan ingat untuk selalu membasahi sikat gigi dengan air. Periksakan gigi anak Bunda ke dokter gigi, setelah 6 bulan sejak gigi pertama tumbuh, atau saat usia anak setahun.

Mulailah perkenalkan pasta gigi berfluoride pada anak usia 13-24 bulan untuk menjaga gigi anak agar tetap sehat. Pergunakan pasta gigi seukuran sebutir kacang hijau dan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari (sehabis sarapan dan sebelum tidur di malam hari). Ganti sikat gigi setiap tiga bulan atau bila bulu-bulu sikat sudah rusak dan gunakan sikat gigi yang lembut yang terbuat dari bahan nilon. Jadilah teladan dengan mempraktekkan kebiasaan menjaga kesehatan mulut dan lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Jika anak anda sakit gigi, Bunda dapat menggunakan cara mengobati sakit gigi anak dengan tips disini.

Apakah Kesehatan Gigi Bayi Bunda Baik?

Demikian Tips Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Balita yang dapat anda lakukan. Bunda ingin mengetahui ciri-ciri kesehatan anak dan apa saja nutrisi tumbuh kembang anak? Pantau terus Cara Wow! Blog.

Tips Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Balita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown