26 Maret 2014

Tahap Perkembangan Anak Usia 1 Tahun

Perkembangan Anak Usia Dini

Tahap Perkembangan Anak Usia 1 Tahun - Setiap perkembangan anak tidaklah sama. Meski demikian, Bunda harus tetap memantau perkembangan anak dari waktu ke waktu dengan berpedoman pada penilaian perkembangan. Mengapa anak saya telat bicara, padahal temannya sudah bisa bicara, mengapa anak dia sudah bisa berjalan, sedangkan anak saya belum, dan segudang pertanyaan lain.

Setiap anak itu berbeda sehingga perkembangan antara anak satu dan anak yang lain juga bervariasi. Adapun yang penting, perkembangan anak tetap dimonitor dari waktu ke waktu dan melihat perubahannya. Jangan ragu untuk mencatat pola perkembangan anak dalam empat aspek itu. Karena itu, Bunda bisa mengetahui dengan pasti perkembangannya dan segera bertindak jika ada kejanggalan.
Tahap Perkembangan Anak Usia 1 Tahun

Tahap Perkembangan Anak dan Cara Mendeteksinya

Misalnya mencatat perkembangan motorik anak. Perkembangan motorik adalah proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. Pada dasarnya, perkembangan ini berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot anak. Sehingga, setiap gerakan sesederhana apapun, adalah merupakan hasil pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan system dalam tubuh yang dikontrol oleh otak. Untuk motorik kasar, usia bayi 0-3 bulan, dia menangis dan aktif bergerak, serta mampu mengangkat kepala, tersenyum, dan menengokkan kepala ke kanan dan kiri. Sementara untuk kemampuan motorik halusnya, bayi sudah bisa mengepalkan tangan.

Sementara untuk pendengaran, bayi usia 1 bulan akan memberi respons terhadap suara yang keras. Bayi juga sudah mulai familier dengan suara ibu dan ayahnya dan mencari sumber suara yang didengarnya. Adapun suara pertama yang dikeluarkan bayi adalah tangisan. Selanjutnya bayi memperhatikan wajah orang dan melihat mulut mereka bergerak-gerak ketika berbicara.

Menginjak usia 6 bulan, bayi belajar bahasa bibir, seperti mama, papa, dan dada. Keterampilan berbicara ini berbarengan munculnya dengan kemampuan makan. Sambil bermain bersama bayi Bunda, coba pijat tubuhnya perlahan, pasti bayi akan menyukai pijatan yang dilakukan ibu atau ayahnya. Misalnya perkembangan inteligensia menyertai pertumbuhan otak dan serabut saraf. Perkembangan awal akan menentukan perkembangan selanjutnya dan perkembangan mempunyai pola yang tetap.

Apakah tahap perkembangan anak usia dini Bunda baik?

Demikian Tahap Perkembangan Anak Usia 1 Tahun. Dengan mengetahui tahap perkembangan anak dan cici-ciri kesehatan anak, bunda dapat dengan mudah untuk mengatur nutrisi pertumbuhan anak sedini mungkin.

Bunda ingin mengetahui cara merawat gigi anak yang baik dan bagaimana cara mengobati sakit gigi anak? Pantau terus Blog Cara Wow!

Tahap Perkembangan Anak Usia 1 Tahun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown