26 Maret 2014

Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak Balita Usia Sekolah

Tumbuh Kembang Anak !

Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak Balita Usia Sekolah - Pemenuhan nutrisi sangat penting artinya bagi anak-anak yang tengah dalam masa tumbuh kembang anak. Terpenuhinya kecukupan nutrisi, juga dapat melindungi anak-anak dari berbagai ancaman penyakit.

Beberapa nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak adalah:

Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak Balita Usia Sekolah
Kalsium

Kalsium berperan penting dalam membantu proses pertumbuhan anak. Selain itu, kalsium juga membantu menstabilkan irama jantung, pembekuan darah dan fungsi otot. Ketika anak kurang asupan kalsium, maka tubuh akan menarik kalsium dari tulang untuk memenuhi fungsi-fungsi lainnya dalam tubuh. Bunda juga perlu menjaga ketat asupan kafein pada anak karena anak yang mengonsumsi terlalu banyak kafein akan menyebabkan resorpsi kalsium dari tulang. Sumber kalsium dapat diperoleh dari susu dan produk turunannya seperti keju, paneer (keju cottage), sayuran berdaun hijau, ikan teri, ragi dan wijen.

Serat

Serat mengandung senyawa tanaman yang disebut fitonutrien, berfungsi untuk meningkatkan kekebalan anak. Serat juga membantu pasien dengan diabetes tipe 2 dan kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia) pada orang dewasa dan  juga bermanfaat untuk anak-anak. Diet kaya serat yang dipenuhi dari makanan dapat mengurangi risiko penyakit jantung di kemudian hari. Sumber terbaik serat untuk anak-anak terdapat pada nuah-buahan, sayuran, kecambah, biji-bijian dan sereal.

Potassium

Potassium akan memberikan perlindungan pada jantung dan fungsi otot, memelihara keseimbangan cairan, berpartisipasi dalam produksi energi dan mempromosikan tulang yang kuat. Memberikan anak-anak makanan tinggi pottasium dapat membantu mereka menjaga tekanan darah seiring dengan bertambahnya usia. Sumber terbaik potassium terdapat pada buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, produk susu, daging dan makanan laut.

Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan dalam penyerapan kalsium, memaksimalkan tumbuh kembang anak dan kekuatan tulang. Anak-anak yang sedikit mendapatkan asupan vitamin D berisiko mengalami tulang lunak - suatu kondisi yang disebut rakhitis. Sumber vitamin D dapat diperoleh dari Sinar matahari, produk susu, sereal, jus jeruk dan yoghurt. Selain itu ikan berlemak sehat seperti salmon dan tuna juga banyak mengandung vitamin D.

Vitamin E

Vitamin E penting artinya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mereka adalah sumber antioksidan yang kuat. Anak-anak dapat memeroleh asupan vitamin E alami dengan rutin mengonsumi sereal yang telah difortifikasi Vitamin E.  Sumber lainnya adalah gandum, kacang-kacangan dan selai kacang asli.

Apakah tumbuh kembang anak Bunda normal?

Bunda ingin mengetahui cara mengobati sakit gigi pada anak dan bagaimana merawat kesehatan gigi anak anda? Pantau terus blog yang mengulas tips kesehatan dan kecantikan hanya di InfoRemajaTerbaru.com.
Semoga informasi tentang Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak Balita Usia Sekolah diatas dapat membantu bunda untuk menjaga buah hati tetap sehat.

Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak Balita Usia Sekolah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Renton Code