26 Maret 2014

Ciri-Ciri Kesehatan Anak, Bayi Dan Balita Usia Dini

Kenali Ciri-Ciri Kesehatan Anak, Bayi Dan Balita Usia Dini - Setiap Bunda pasti menginginkan anak sehat yang tumbuh ditengah-tengah keluarga. Orangtua yang memperhatikan tumbuh kembang anak perlu mencermati tanda-tanda anak memiliki asupan gizi yang baik sehingga anak Bunda tumbuh menjadi anak sehat. Oleh karena itu Bunda harus mengetahui ciri-ciri kesehatan anak.
Ciri-Ciri Kesehatan Anak, Bayi Dan Balita Usia Dini

Kesehatan Anak !

Ciri anak sehat yang pertama adalah anak yang responsif terhadap sekitarnya. Dengan demikian Bunda akan mengetahui respon anak, apakah anak merasa lesu atau antusias terhadap apa yang Bunda bicarakan. Itu juga merupakan tanda bahwa anak Bunda adalah anak yang sehat. Kejiwaan anak ditandai dengan sifat ceria, aktif berkomunikasi, dan mau berteman. Fungsi motorik anak yang sehat bila anak bergerak aktif sesuai umur, lincah bermain sesuai umur, dan berbicara lancar sesuai umur.

Rambut yang bersih dan indah dengan warna cemerlang merupakan ciri Kesehatan Anak yang kedua. Selanjutnya adalah gigi si kecil. Perhatikan kondisi dan warna gigi si kecil. Gigi anak sehat adalah gigi dengan pertumbuhan yang baik dan warna yang cemerlang. Gigi anak berkilat, gusi merah muda berkilat, dan lidah bersih segar artinya anak memiliki kecukupan asupan niasin, asam folat, riboflavin, dan vitamin B 12.

Kesehatan kulit juga merupakan ciri anak yang sehat. Kulit yang sehat adalah kulit yang bersih dan cepat sembuh ketika terjadi luka. Kulit lembab dan tidak bersisik itu menandakan cukupnya asupan vitamin A, C, dan E. Kebersihan kuku juga merupakan ciri anak yang sehat. Kuku yang sehat adalah kuku yang kuat dan berwarna merah muda.

Tidur yang cukup dan nyenyak adalah ciri kesehatan anak yang lainya. Status gizi memengaruhi kebiasaan tidur anak. Misalnya anak perempuan (sekitar 13 tahun) yang langsing tidur lebih lama dan nyenyak daripada yang gemuk.

Menurut ahli gizi Dr dr Anie Kurniawan, M.Sc, SpGK mengatakan bahwa ciri kesehatan anak yang lainya adalah postur tubuh tegap dan otot padat, nafsu makan baik dan buang air besar teratur, anak bergerak aktif dan berbicara lancar sesuai umur, dan anak sehat itu penuh perhatian dan bereaksi aktif. Ciri yang terakhir adalah pencernaan yang baik yang ditandai dengan lancarnya BAB pada anak.


Nah, apakah Kesehatan anak Bunda sudah baik?

Semoga informasi mengenai Ciri-Ciri Kesehatan Anak, Bayi Dan Balita Usia Dini dapat bermanfaat. Jangan lupa jika gigi anak anda sakit berikt cara mengobati sakit gigi pada anak-anak.

Ciri-Ciri Kesehatan Anak, Bayi Dan Balita Usia Dini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown