24 Maret 2014

Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak

Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak
Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak – Salah satu ciri ciri kesehatan anak yaitu memiliki kesehatan gigi yang baik. Namun, apa yang bunda lakukan jika kesehatan gigi anak buruk yang mengakibatkan sakit gigi pada anak? Tentu saja bunda kebingungan dan mencari cara mengobati sakit gigi pada anak bunda.

Sakit gigi dapat anak-anak dapat mengakibatkan terganggunya proses pertumbuhan gigi anak. Memeriksakan ke dokter gigi merupakan tindakan terbaik untuk mengobati sakit gigi pada anak bunda. Namun, hal ini sulit dilakukan apabila sakit gigi terjadi pada malam hari atau saat hari libur sehingga dokter gigi tidak buka. Oleh karena itu diperlukan cara sederhana untuk mengobati sakit gigi pada anak bunda sebelum berobat ke dokter gigi.

Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak

Diperlukan bahan-bahan seperti benang gigi (dental floss), kantong es (icepack), es, tas plastic, dan obatan penghilang rasa nyeri nonresep.

Langkah petama dalam mengobati sakit gigi pada anak adalah membersihkan kedua sisi gigi yang menyebabkan sakit gigi. Potonglah benang gigi (dental floss) sepanjang 15 cm dan pegang kedua ujungnya dengan erat. Gosokkan benang gigi dengan gerakan maju mundur pada gigi anak bunda. Hal ini dilakukan agar sisa makanan yang menyebabkan sakit gigi dapat hilang dengan menggosokkan benang gigi.

Langkah selanjutnya adalah menaruh kantong es (icepack) yang telah diisi es di rahang anak bunda. Letakkan kantong es pada area yang sakit atau bengkak selama 15-20 menit dan dapat diulangi seperlunya. Es dapat membantu menghilangkan rasa sakit gigi sementara.

Setelah itu berikan anak bunda obat penghilang rasa sakit nonresep seperti asetaminofen atau parasetamol. Jenis obat ini dapat membantu menghilangkan rasa nyeri yang diakibatkan sakit gigi.

Ingat, jangan memberikan minuman yang terlalu dingin atau panas karena akan memperparah sakit gigi anak. Jangan pula memberikan makanan yang manis pada anak bunda karena kandungan gula pada makanan yang manis akan memperparah sakit gigi.

Setelah sakit gigi pada anak bunda reda, sebaiknya anak diajak memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi secara rutin agar kesehatan gigi anak terjaga.

Bagi bunda yang hamil, sakit gigi juga sering kali terjadi. Oleh karena itu diperlukan cara mengatasi sakit gigi saat hamil sehingga tidak mempengaruhi kehamilan bunda. Semoga info mengenai Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak dapat bermanfaat.

Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown