3 Januari 2014

Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil

Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil - Sakit gigi saat hamil memiliki resiko buruk terhadap janin oleh karena itu bunda perlu mewaspadai hal tersebut. Sakit gigi ini terjadi karena produksi hormon disaat hamil berlebih sehingga mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Apalagi solusi mencabut gigi saat hamil menjadi pilihan yang kurang tepat karena dikhawatirkan akan mempengaruhi kehamilan.

Banyak ibu hamil yang datang ke dokter gigi dengan keluhan sakit gigi padahal saat sebelum hamil mereka tidak pernah mengalami sakit gigi. Menurut penelitian ada dua hal yang menyebabkan sakit gigi saat ibu hamil. Pertama, biasanya ibu hamil mengalami rasa mual sehingga kadar asam dalam rongga mulut bertambah. Hal ini meningkatkan kerja toksin yang dikeluarkan sehingga menyebabkan kerusakan jaringan gigi. Kedua, rasa mual membuat banyak ibu hamil tidak menyikat gigi dua kali sehari. Ada kecenderungan bahwa menyikat gigi memicu rasa mual yang membuat ibu hamil malas untuk menyikat gigi.

Hasil penelitian dari Journal Of Obstetrics Gynecology, Yiping Han peneliti dari Case Western Reserve University tahun 2010, ibu yang gusinya terinfeksi dapat menularkan infeksinya pada janin melalui peredaran darah plasenta. Hal ini terbukti dari kuman Fusobacterium nucleatum yang menginfeksi gusi ibu juga ditemukan dalam tubuh janin dan mengakibatkan keguguran.

Sementara itu di North Carolina ditemukan fakta bahwa Bakteri Streptococcus yang merupakan penyebab gigi berlubang dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah, dan selanjutnya dapat mencapai jantung dan menyebabkan gangguan pada jantung ibu hamil.

Oleh karena itu diperlukan beberapa tindakan pencegahan agar sakit gigi tidak terjadi. Berikut ini beberapa cara mencegah sakit gigi saat hamil.
Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil

Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil

  • Pencegahan melalui makanan dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, telur, dan keju atau suplemen kalsium lainnya. Mengkonsumsi makanan ini dilakukan sejak bulan ke-2 kehamilan karena pembentukan benih gigi pada embrio mulai bulan ke-3 sampai bulan ke-6 kehamilan.
  • Berhenti merokok dapat mencegah sakit gigi saat hamil. Hal ini dikarenakan rokok dapat memperparah kerusakan gigi dan berakibat buruk pada janin.
  • Jangan pernah membeli obat bebas (antibiotik atau analgesik) jika merasa sakit gigi pada saat hamil karena sebagian obat tidak aman pada janin. Konsultasikan ke dokter gigi segera dan ikuti instruksi penggunaan obat dari dokter gigi.
Semoga hal-hal di atas dapat membantu bunda untuk menghadapi kehamilan. Sebaiknya untuk menghindari sakit gigi saat hamil, bunda memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi. Jangan lupa selalu menginformasikan pada dokter gigi jika bunda sedang hamil sehingga penanganannya tepat. Jika yang sakit gigi adalahanak bunda, cara mengobati sakit gigi berikut ini patut dicoba.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Renton Code