3 Mei 2014

Peluang Sampingan Usaha Makanan Ringan

Peluang Usaha Sampingan

Peluang Sampingan Usaha Makanan Ringan - Bunda suka ngemil? Atau mungkin Bunda hobby memproduksi penganan yang sering dijadikan cemilan? Itu semua bisa menjadi lahan bisnis Bunda. Apalagi jika Bunda memiliki rumah yang berada dikeramaian. Dekat kampus mungkin, atau dekat sekolah, atau pun rumah Bunda berada dikawasan kos dan kontrakan Mahasiswa.
Berbekal ketrampilan dalam mengolah makanan dan buku resep masakan indonesia, bunda mampu menciptakan peluang usaha makanan yang profitable. Apalagi jika Bunda jitu dalam mengolah bumbu. Lembaran uang sedang menunggu untuk segera masuk kekantong Bunda.

Bisnis jika hanya dipikirkan tidak akan pernah terealisasi. Jadi, jika Bunda ingin serius berbisnis, kenali dulu jenis barang yang akan Bunda perdagangkan, buat estimasi tentang besarnya modal dan keuntungannya, kemudian kerjakan dengan memulai bisnis itu.
Peluang Sampingan Usaha Makanan Ringan
Peluang Sampingan Usaha Makanan Ringan

Jika Bunda berminat untuk memulai usaha makanan, berikut beberapa hal yang perlu disiapkan :

  1. Tempat usaha. Jika bunda bingung mencari tempat usaha, bunda bisa mengambil sebagian tempat di rumah untuk tempat bisnis. Misalnya dengan mengambil teras rumah untuk diubah menjadi tempat berjualan makanan sehinggga tidak perlu membuka kios.
  2. Modal usaha. Besarnya modal yang harus disiapkan bergantung pada produk camilan yang akan dijual. Produk yang bunda jual apakah hasil produksi sendiri atau bunda hanya menjadi distributor saja.Uraian yang akan dipaparkan dalam artikel ini adalah produk makanan yang akan dibeli dari agen.
  3. Mempunyai kepandaian dalam menentukan dan membuat prediksi harga agar memperoleh keuntungan yang diinginkan.

Jika bunda sudah memiliki ketiga hal diatas, selanjutnya bunda perlu melakukan hal berikut.

  1. Mencari informasi mengenai pusat produksi makanan terlengkap di kota atau disekitar bunda.
  2. Jika bunda sudah menemukan tempat produksi yang cocok, bunda dapat melakukan penawaran ketika membeli produk tersebut. Ada baiknya jika bunda membeli dalam jumlah banyak atau grosir.
  3. Melakukan pengemasan produk makanan ke dalam kantong plastik dalam ukurna tertentu, misalnya 100gram, 250gram, 1kilogram dan sebagainya.

Jika tempat, produk, dan harga sudah ada, saatnya melakukan promosi. Berikut beberapa tips melakukan promosi.

  1. Memasang spanduk di depan rumah sehingga calon pembeli bisa mengetahui bila bunda membuka toko makanan.
  2. Pemasaran dari mulut ke mulut. Bunda dapat memasarkan produk bunda melalui pembicaraan. Cara pemasaran seperti ini seringkali lebih efektif.
  3. Pelayanan yang memberikan kepuasan. Pelayanan yang baik merupakan salah satu cara untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan.
Seringkali dalam membuka usaha makanan terdapat beberapa hambatan yang menimpa usaha bunda. Beberapa hambatan dalam berbisnis makanan adalah sebagai berikut:
  1. Tidak semua makanan camilan dapat bertahan lama. Ada beberapa jenis makanan yang mudah berbau sehingga sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.
  2. Jika ada makanan camilan yang tidak habis atau basi, camilan tersebut akan terbuang percuma dan usaha anda akan mengalami kerugian.

Didalam peluang usaha makanan tentu saja terdapat hambatan, namun jangan memikirkan kesulitan jika Bunda belum memulainya! Itulah berbagai cara dalam memulai sebuah bisnis makanan! Semoga Bunda semakin mendapatkan inspirasi setelah membaca artikel ini. Jika bunda memiliki bisnis dibidang jasa dekorasi pernikahan, bunda dapat menyimak contoh undangan pernikahan unik berikut ini. Sedangkan bunda yang berprofesi sebagai desainer interior rumah, bunda dapat menyimak konsep rumah hemat energi listrik berikut ini.

Peluang Sampingan Usaha Makanan Ringan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Renton Code

0 comments:

Posting Komentar