28 Maret 2014

Penyebab Sakit Pinggang Dan Cara Mengatasinya

Sakit Pinggang dan Penyebabnya

Penyebab Sakit Pinggang Dan Cara Mengatasinya - Sakit pinggang atau yang biasa disebut low back pain atau lumbago adalah penyakit neurologis kedua paling umum setelah sakit kepala. Hampir setiap orang pasti pernah mengalaminya. Untungnya, sebagian besar orang yang mengalami sakit pinggang sembuh hanya dalam beberapa hari.

Ciri-ciri sakit pinggang ini adalah rasa nyeri ketika menggerakkan pinggang Bunda  saat membungkuk, menggerakannya ke samping kanan atau kiri. Sebagian besar sakit di pinggang disebabkan oleh trauma punggung bawah atau gangguan seperti sciatica dan artritis.

Gejala sakit di pinggang diawali dengan sakit otot yang menusuk atau nyeri, disertai keterbatasan rentang gerak atau ketidakmampuan berdiri tegak.

Penyebab Sakit Pinggang Dan Cara Mengatasinya
Tips Untuk Mencegah Sakit Pinggang

Hal pertama yang dapat Bunda lakukan untuk mencegah sakit pinggang adalah jangan membungkuk ketika berdiri atau duduk. Saat bekerja di rumah atau di kantor, pastikan posisi meja Bunda berada pada ketinggian yang nyaman untuk Bunda. Duduklah di kursi dengan sandaran yang baik dengan posisi dan ketinggian yang tepat untuk tugas tersebut. Jika Bunda harus duduk untuk jangka waktu yang panjang, usahakan untuk mengistirahatkan kaki Bunda di bangku rendah atau tumpukan buku dengan tinggi sesuai kenyamanan Bunda.

Hal lain yang perlu Bunda perhatikan untuk mencegah sakit di pinggang adalah tidurlah dengan posisi miring. Tidur dengan posisi miring dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang Bunda, sehingga mengurangi resiko terjadinya sakit di pinggang ketika bangun tidur.

Tips selanjutnya adalah jangan mengangkat beban dengan membungkuk. Apabila Bunda mengangat objek lakukanlah dengan menekuk lutut dan berjongkok untuk mengambil objek. Hindari memutar tubuh saat mengangkat beban untuk mengurangi resiko pinggang Bunda terkilir. Lebih baik mendorong  daripada menarik ketika Bunda harus memindahkan benda berat. Mintalah bantuan orang lain apabila Bunda mengangkat benda yang berat.

Tips terakhir adalah berhentilah merokok jika Bunda seorang perokok. Hal ini dikarenakan merokok dapat mengurangi aliran darah ke tulang punggung bagian bawah dan menyebabkan cakram tulang belakang mengalami degenerasi.

Solusi Pengobatan Alami Sakit Pinggang

Solusi alternatif pengobatan sakit pinggang adalah dengan menggunakan alpukat. Cara penggunaannya adalah ambillah 10 lembar daun alpukat yang tidak terlalu tua tapi juga jangan terlalu muda. Rebuslah dengan air 2 gelas dan biarkan sampai airnya tinggal setengah gelas. Minumlah air rebusan itu sekali dalam 1 hari. Disarankan diminum dalam seminggu.

Jika bunda lebih menyukai obat herbal, bunda dapat membaca obat sakit pinggang alami berikut ini. Bunda juga dapat membaca obat sakit pinggang di apotik sebagai pilihan obat. Demikian pembahasan Penyebab Sakit Pinggang Dan Cara Mengatasinya yang dapat Cara WoW! Blog bagikan. Semoga sakit anda segera sembuh.

Penyebab Sakit Pinggang Dan Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown